Friday, February 10, 2012

Alternatif Comment Form Untuk Blogger

Sejujurnya aku sangat tidak suka dengan kotak komentar Blogger yang standar. Kamu tanya kenapa? Aku juga tidak tahu, tapi aku merasa kotak komentar bawaan Blogger itu jelek, culun dan menyebalkan. Walaupun sekarang pihak Blogger sudah menyertakan fitur "Reply", tapi aku tetap merasa kurang suka. Apa kamu juga seperti aku? Jika ya, aku sarankan kamu menggunakan alternatif komentar saja. Jadi, alternatif komentar ini akan menggantikan kotak komentar standar Blogger.

1. Intensedebate
Ini adalah alternatif komentar favorit aku. Selain tampilannya yang lumayan dibanding dengan kotak komentar standar Blogger, Intensedebate juga memiliki fitur yang cukup lengkap. Aku sangat menyarankan kamu menggunakannya jika kamu ingin mengganti kotak komentar standar Blogger dengan kotak komentar alternatif.


2. Disqus
Banyak blog yang menggunakan kotak komentar ini. Bisa aku bilang kalau alternatif komentar ini paling banyak digunakan, aku tidak tahu kenapa, mungkin karena memiliki banyak fitur.



3. JS-Kit
Diantar ke-2 alternatif komentar di atas, mungkin inilah yang memiliki fitur paling sedikit. Mungkin bisa aku katakan ini adalah yang paling sedikit digunakan.

Aku juga jarang melihat blog-blog yang menggunakan kotak komentar ini. Tapi dari pada harus menggunakan kotak komentar standar Blogger, aku rasa lebih baik menggunakan JS-Kit ini, ha ha ha.

0 comments

Hướng dẫn cách viết bình luận